Jenis-jenis atau nama-nama Ikan Koi

Jenis-jenis atau Nama-nama Ikan Koi

Seiring berjalannya waktu, jenis-jenis atau nama-nama ikan koi mengalami peningkatan yang luar biasa. Dengan demikian, nama-nama ikan koi pun semakin kompleks. Kalau awalnya ikan koi memiliki tiga warna dasar (putih, merah dan hitam), sekarang ini telah bermunculan warna dasar lainnya (kuning, perak, oranye, perunggu, dan lainnya). Adapun nama asli dari ikan koi ini adalah Nishikigoi.

Ikan koi ini juga telah dibudidayakan di banyak tempat di Indonesia. Hal ini tidak terlepas dari tingginya permintaan ikan koi di Indonesia, sementara di sisi lain mendatangkan koi langsung dari Jepang memerlukan biaya yang lumayan besar dan proses yang tidak mudah. Blitar sudah sejak lama menjadi sentra pembesaran ikan koi. Dibanding dari daerah lain, ikan koi Blitar adalah yang paling laku di pasaran. Hal ini tidak lepas dari warna yang dihasilkan pada ikan koi Blitar, yaitu yang paling pekat.

Bagi pemula bahkan penghobi sekalipun, mengingat setiap jenis atau nama ikan koi merupakan hal yang seringkali membingungkan. Ini terjadi karena nama-nama yang digunakan (yang hampir semua merupakan bahasa Jepang) kadangkala tidak berlaku di Jepang sendiri.

Penentuan Nama Ikan Koi

Nama-nama ikan koi yang digunakan pada umumnya dihubungkan dengan pola warna atau lingkungan di sekitar mereka. Banyak nama yang diambil dari nama bunga atau burung, gunung atau hewan, tumbuhan atau alam. Keunikan ikan koi bisa berasal dari banyak hal dan masing-masing tidak ada yang berlaku mutlak, tetapi hanya pendapat yang berasal dari pola ikan.

Masing-masing nama ikan koi bersifat unik dilihat dari kombinasi warna, tipe skala dan pola yang dimilikinya. Pada umumnya ikan koi dikelompokkan menjadi tiga golongan utama, yaitu: Ikan koi dengan satu warna (seperti Ogon yang berwarna orange atau Ogon yang berwarna metalik), ikan koi dengan dua warna (seperti Kohaku yang berwarna putih dan merah), dan ikan koi dengan tiga warna dan yang sangat populer (seperti Showa). Untuk ikan koi dengan kategori dua atau tiga warna, pada umumnya warna dasarnya tetaplah satu (misalnya putih atau hitam) dan dengan kombinasi warna lain.

Ada pula nama ikan koi yang diambil dari pola warnanya. Contohnya adalah ikan Kohaku dengan warna dasar putih dan kombinasi merah atau Tancho dengan kepala berwarna merah.

Yang terakhir adalah penggolongan menurut pola skala ikan. Contohnya adalah ikan Doitsu (koi tanpa sisik) yang merupakan persilangan antara ikan dari Jepang dan Jerman.

Berikut adalah beberapa dari sekian nama ikan koi yang cukup populer di Indonesia:

  • Asagi

Ciri khas ikan koi Asagi adalah pola warna biru yang menyerupai jaring di punggungnya, dengan warna orange atau merah di bagian perut, badan, dan siripnya. Yang masuk ke dalam kelompok ikan koi Asagi diantaranya Gin Rin Asagi dan Hi Asagi.

  • Bekko

Koi Bekko (atau Shiro Bekko) adalah ikan berpola “jejak tapak kaki” berwarna hitam di atas dasar warna putih, merah, ataupun kuning. Pemula kadangkala terbalik menyebut antara Shiro Utsuri dan Shiro Bekko. Perbedaan utamanya adalah bahwa Shiro Utsuri (Shiro artinya putih) memiliki warna dasar hitam dan bercak putih, kebalikan dari Bekko. Selain itu, Shiro Utsuri memiliki bercak hitam di kepalanya, sedangkan Bekko tidak.

  • Kohaku

Kohaku adalah jenis ikan koi yang paling tua dan paling populer di kalangan penghobi ikan koi. Ikan ini memiliki warna dasar putih dan kombinasi / bercak merah. Ikan Kohaku berkualitas baik adalah yang memiliki warna dasar putih salju tanpa noda dengan kombinasi merah pekat. Pola yang menyebar rata di badannya juga sangat penting. Variasi Kohaku meliputi Doitsu Kohaku, Gin Rin Kohaku, Maruten Kohaku and Tancho Kohaku.

  • Sanke

Sanke (lengkapnya Taisho Sanke) juga merupakan ikan koi yang sangat populer, disamping Kohaku dan Showa. Ikan koi Sanke memiliki tiga warna: putih sebagai dasar, merah (hi) dan hitam (sumi) sebagai bercak / kombinasinya. Sanke yang bagus haruslah memiliki proporsi yang sama antara warna putih dan merah. Sedangkan hitam adalah warna bercaknya. Sehingga Sanke sebenarnya adalah jenis Kohaku dengan tambahan bercak Bekko.

  • Showa

Ikan koi Showa (atau lengkapnya Showa Sanshoku) juga termasuk salah satu ikan koi populer. Showa memiliki tiga warna: putih sebagai dasar, merah atau orange sebagai kombinasi serta bercak hitam yang lebih banyak dibandingkan Sanke. Perbedaan lain antara Sanke dan Showa adalah bahwa koi Showa memiliki bercak hitam di kepalanya. Variasi dari Showa meliputi Tancho Showa, Maruten Showa, Gin Rin Showa, Doitsu Showa and Kin Showa.

  • Utsurimono

Utsurimono memiliki dua warna: hitam sebagai dasar dan putih / merah / kuning sebagai kombinasinya. Ikan ini sekilas terlihat mirip dengan Bekko. Perbedaan utamanya adalah pada warna dasarnya. Bekko warna dasarnya adalah putih, merah, atau kuning. Perbedaan lainnya adalah Utsurimono memiliki bercak hitam hingga kepala, sedangkan Bekko tidak.

  • Shusui

Shusui adalah ikan koi yang memiliki sisik berwarna biru nila hanya di sepanjang punggung atas saja, tidak seperti Asagi yang memiliki sisik secara merata. Sehingga Shusui disebut juga sebagai Doitsu Asagi. Variasi dari Shusui diantaranya adalah Gin Rin Shusui dan Hi Shusui.

  • Koromo

Koromo (atau disebut juga Goromo) merupakan jenis ikan yang banyak dikagumi oleh para penghobi koi. Koi Koromo memiliki tiga warna: putih sebagai dasar, merah sebagai kombinasi utama, dan warna gelap lainnya (hitam atau biru tua) sebagai bercak dan harus berada di dalam warna merah. Warna gelap tersebut membentuk pola jaring di atas warna merah.

  • Kawarimono

Kawarimono disebut juga sebagai jenis koi aneh karena terjadinya penyimpangan dari hasil persilangan. Jika ikan koi jenis lain harus memiliki pola tertentu, maka Kawarimono tidak memiliki pola yang jelas. Namun demikian, keanehan / keunikan inilah yang seringkali menjadikan ikan ini menjadi juara dalam kontes. Yang termasuk dalam varietas Kawarimono diantaranya Chagoi (koi coklat), Kigoi (koi kuning), Matsubagoi (koi berwarna cerah), Midorigoi (koi hijau), Karasugio (koi gelap), dan lain-lain.

  • Hikarimono

Ikan ini disebut juga Ogon. Hikari berarti metalik, mono berarti satu. Artinya adalah bahwa ikan Hikarimono merupakan ikan dengan warna tunggal dan metalik, biasanya berwarna perak atau emas. Ogon ini juga semakin populer bagi para penghobi, walaupun terkesan simpel.

  • Tancho

Tancho adalah ikan koi jenis Kohaku yang sangat populer. Ciri khas Tancho adalah adanya bercak tunggal merah di kepalanya. Di Jepang, ikan ini berharga sangat mahal karena kemiripannya dengan bendera Jepang.  Yang masuk ke dalam Tancho diantaranya adalah Tancho Kohaku, Tancho Goshiki, Tancho Showa.

  • Kinginrin

Kinginrin adalah ikan koi yang memiliki sisik berwarna perak di punggung atau badannya. Ikan koi Kinginrin sangat disukai penghobi karena sisiknya yang berkilau, terlebih di bawah terpaan matahari.

  • Goshiki

Goshiki berarti “lima warna”, yaitu ikan koi yang memiliki lima warna (hitam, merah, putih, biru, abu atau perak) di sekujur tubuhnya.

Jenis atau Nama Ikan Koi
Jenis-jenis atau Nama-nama Ikan Koi

Untuk sekedar bertanya-tanya atau melakukan pemesanan Ikan Koi ini, silakan hubungi kami di:

  • Telp / WA : 081511385537
  • Facebook: NusaKoi NusaKoi
  • Instagram: @Nusa_Koi
  • Alamat: Hanggar Teras Pondok Kelapa Blok C No. 4, Jl. Pondok Kelapa Raya, Pondok Kelapa, Jakarta Timur.

Leave a Comment

fifteen − nine =