Pencegahan Penyakit Ikan Koi

Pencegahan Penyakit Ikan Koi Lebih Baik Daripada Mengobati

Memelihara ikan koi merupakan aktivitas yang sangat menyenangkan. Selain keindahan warnanya, ikan koi juga dipercaya mendatangkan hoki bagi pemiliknya. Dan tentu saja, semua penghobi ikan koi (baik pemula maupun senior) mengharapkan agar seluruh ikan koi yang dipeliharanya selalu dalam keadaan sehat. Namun demikian, ada kalanya ikan yang kita pelihara menderita penyakit. Penyakit ikan koi sendiri pada umumnya dibedakan menjadi dua: penyakit akibat parasit dan penyakit akibat non-parasit. Ada banyak sekali penyakit yang mungkin diderita ikan koi. Kata-kata mutiara: “Mencegah lebih baik dari mengobati” bukan hanya berlaku pada kita sebagai manusia, tetapi juga berlaku untuk ikan koi kesayangan kita. Untuk itulah, kali ini akan dibahas penyebab dan cara pencegahan penyakit ikan koi . Untuk jenis-jenis penyakit ikan koi dan cara mengobatinya, maka penulis akan membahasnya di tulisan tersendiri.pencegahan-penyakit-ikan-koi

Penyebab Ikan Koi Terkena Penyakit

Air yang tidak sehat merupakan penyebab utama munculnya berbagai penyakit pada ikan koi, baik parasit maupun bakteri. Kondisi air buruk ini biasanya disebabkan oleh kotoran ikan (feses), sisa makanan, ataupun lendir ikan (mucus). Air yang tidak dijaga kebersihannya inilah yang menimbulkan banyak penyakit pada ikan koi. Oleh karena itu, sangatlah penting untuk selalu menjaga kebersihan air kolam kita. Caranya adalah dengan melakukan penggantian air secara rutin (setiap dua minggu sekali atau tergantung kebutuhan). Penggantian disini bukan berarti menguras total, tetapi hanya separuhnya saja. Jika sudah dirasa perlu (air sudah sangat kotor), maka pengurasan total harus dilakukan. Pada saat penggantian air ini, maka kita juga harus sekaligus membersihkan filter dan media filter di dalamnya. Media filter yang sudah terlalu lama juga harus diganti dengan yang baru, sehingga air tetap terjaga kebersihannya.

Hal sepele yang sering terlewat adalah pengecekan dan pembersihan pompa air. Mengapa penting? Karena di pompa ini juga terkumpul banyak kotoran yang terhisap pompa. Jika tidak dibersihkan, maka tak jarang pompa tersumbat kotoran sehingga aliran air menjadi mampet.

Selain kondisi air, penyebab penyakit pada ikan koi adalah penyakit bawaan dari ikan koi yang baru kita beli dan masuk ke kolam kita. Kita harus ekstra waspada saat baru membeli ikan koi. Karena kadangkala walaupun ikan terlihat sehat, bisa saja ikan itu membawa bermacam penyakit dari kolam atau sawah pembesaran. Karena baru dalam tahap awal penyakit, maka ikan koi masih terlihat sehat. Oleh karena itu, maka karantina ikan koi merupakan hal yang wajib kita lakukan. Pembahasan tentang pentingnya karantina ikan koi dapat dibaca disini.

Tanda-tanda atau Ciri-ciri Ikan Koi yang Terkena Penyakit

Penghobi ikan koi harus mampu mengenali tanda-tanda ikan yang terkena penyakit. Tujuannya adalah agar dapat dilakukan tindakan secepatnya terhadap ikan koi yang sakit, sehingga tidak menular pada ikan koi lain yang masih sehat. Ada beberapa penyakit yang penularannya terjadi sangat cepat, sehingga jika terlambat mengetahui dan menanganinya maka seluruh koi penghuni kolam bisa tertular.

Berikut adalah diantara tanda-tanda ikan koi sedang terkena penyakit:

  • Ikan koi bergerak menyendiri
  • Ikan menggesek-gesekkan badannya ke dasar kolam
  • Lendir ikan koi lebih banyak dari biasanya
  • Ada bagian tubuh yang benjol, luka, atau membusuk
  • Ikan merapatkan siripnya ke badan
  • Gerakannya tidak selincah sebelumnya, terutama dalam menggerakkan siripnya
  • Gerakan ikan tidak stabil, miring ke kiri atau ke kanan

Penanganan Awal pada Ikan Koi yang Terkena Penyakit

Jika kita mendapati salah satu atau beberapa dari tanda-tanda di atas, maka kita harus segera mengambil langkah berikut untuk menanganinya:

  • Segera keluarkan ikan tersebut dari kolam untuk dikarantina. Karantina ini dapat dilakukan di akuarium, kolam, ataupun ember besar. Tujuannya adalah untuk segera diambil tindakan yang tepat pada ikan tersebut, sekaligus mencegah tertularnya ikan lain yang masih sehat.
  • Saat dikarantina, berikan aerasi yang cukup sehingga ikan mendapatkan pasokan oksigen melimpah.
  • Periksa ikan secara teliti pada seluruh tubuh dan juga insang ikan untuk mengetahui jenis penyakitnya. Jika sudah diketahui, segera lakukan pengobatan sesuai penyakit ikan.
  • Berikan makan sedikit demi sedikit saja karena seperti manusia, ikan yang sakit biasanya tak enak makan.

Demikianlah pembahasan tentang pentingnya upaya pencegahan penyakit ikan koi. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

one + two =